Kamis, 16 Juni 2016



RANCANGAN PEMBELAJARAN
KELAS RANGKAP
(Model 2.2.2)
Dua kelas dua mata pelajaran 2 ruang

A.    MATA PELAJARAN                        : 1.  a. Matematika / Bangun Datar
       b. IPS / Jenis Pekerjaan
   2. a. Bahasa Indonesia /Pantun
       b. IPA  / Gaya

B.     Kelas/Semester                        : 1.  a. III/2
                                                       b. III/2
                                                  2.  a. IV/2
                                                       b. IV/2  
C.     Standar Kompetensi               : 1.  a. Kelas 3 : Geometri
       b. Kelas 3 : Memahami Jenis –Jenis Pekerjaan
  2.  a. Kelas 4 : Berbicara mengungkapkan perasaan  
                          dan informasi
        b.Kelas 4 : Menyimpulkan hasil percobaan bahwa
              gaya dorong dan tarikan dapat   
              mengubah gerak dari suatu benda  

D.   
1.      a.  -     Memahami unsur dan sifat – sifat bangun datar
-          Mengidentifikasi berbagai bangun datar   sederhana     menurut sifatnya/unsurnya
-          Mengidentifikasi berbagai jenis dan besar sudut
      b.    - Mengenal jenis pekerjaan
                   - Memahami pentingnya  semangat bekerja
2.      a. -  Berbalas membaca pantun dengan tepat dan 
        intonasi yang tepat
    -  Menyampaikan pesan melalaui alat dan sejenisnya
            b.  - Gaya mempengaruhi bentuk benda



Kompetensi Dasar                   :












       I.             INDIKATOR
1.      a. -  Menentukan sudut dari suatu benda/bangun
-     Mengenal dan membuat  jenis – jenis sudut
b.  -  Mengidentifikasi jenis – jenis pekerjaajn sekitar
     -  Mengidentifikasi pentingnya semangat bekertja
2.      a.  -  Mencari arti kata dalam pantun
     -  Membuat daftar berbagai jenis gerakan benda
b.  -  Mendemonstrasikan cara menggerakkan benda
     -   Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi gerak benda
    II.            MATERI POKOK
1.      a. Sifat – sifat bangun datar
b. Jenis – Jenis Pekerjaan
2.      a. Pantun yang dibuat oleh siswa/dari sumber belajar
b. Gaya mempengaruhi bentuk benda
 III.            MEDIA
1.      a. Media kelas 3    : Gambar
b. Media kelas 4    : Gambar
 IV.            SUMBER
1.      a. Kelas 3 Matematika:Matematika untuk SD/MI Hal;83-102:Pusat Perbukuan Nasional Tahun .2010.
b. Kelas 3 IPS :untuk SD/MI Hal;65-67:Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional .2009.
2.      a. Kelas 4 Bahasa Indonesia: untuk SD/MI Hal;87-95.Jakarta:PusatPerbukuan Kementerian Pendidikan Nasional.2010.
b. Kelas 4 IPA: untuk SD/MI Hal;124-132.Jakarta:PusatPerbukuan Kementerian Pendidikan Nasional.2010.

    V.            METODE PEMBELAJARAN
1.      Kelas  3     : ceramah bervariasi, tanya jawab dan diskusi.
2.      Kelas  4     : ceramah bervariasi, tanya jawab dan diskusi.




 VI.            KEGIATAN PEMBELAJARAN
Langkah –Langkah Pembelajaran :
A.    Pada kegiatan pendahuluan (± 10 menit) pertama berikan pengantar dan pengaruh dalam satu ruangan. Gunakan dua – tiga papan tulis. Guru menulis topic bahasan dan hasil belajar yang harus (minimal) dikuasai siswa.

VII.            KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN
Kelas 3

Kelas 4

Matematika
Eksplorasi
IPS
Eksplorasi
B.Indo
Eksplorasi
IPA
Eksplorasi
1.   Guru membnagun gambar di papan tulis.

2.   Guru dan siswa melakukan Tanya jawab mengenai gambar yang ada di papan tulis.
1. Guru melakukan Tanya jawab mengenai kebutuhan hidup siswa dan bagaimana cara mendapatkannya.

2. Guru menjelaskan kebutuhan manusia yang dikelompokkan menjadi 2 jenis primer dan sekunder.



1.Guru menuliskan dan membagikan lembar LKK yang berisi pantun – pantun anak.

2.Kerja individu membaca dengan keras karangan/pantun.
1.Guru member LKK berisi table – table yang berisi perintah untuk membuat energy gaya sederhana (simulais).

2.Siswa oleh guru diberi informasi mengenai materi tentang factor penyebab terjadinya gaya.

Siswa duduk berkelompok sesuai kelompok yang telah dibentuk. Siswa melakukan tanpa jawab dengan guru mengenai 2 faktor utama penyebab terjadinya gaya pada magnet.
Matematika
Elaborasi
IPS
Elaborasi
B.Indo
Elaborasi
IPA
Elaborasi
Siswa dibagi menjadi lima kelompok (sesuai jumlah siswa) dan siswa diminta mengamati gambar yang ada di lembar kerja yang telah dibagikan guru dan menuliskan jawaban, apakah gambar tsb . kemudian salah satu kelompok membacakan hasil pengamatannya di depan kelas
1.      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
2.      Guru membagi lembar kerja kelompok yang sudah ditentukan guru (16 siswa)
3.      Guru membagi lembar kerja kelompok yang berisi faktor utama.

4.      Siswa mengerjakan LKK dan guru berkeliling menjaga situasi dan kondisi kelas supaya kondusif dan nyaman


Siswa membuat sebuah pengumuman berisi: (1) himbauan, (2) Pengumuman, (3) Ajakan, (4) sponsor/iklan, secara berkelompok (kerja kelompok)
1.Guru dan siswa melakukan percobaan sederhana Magnet guru dengan besi yang didekatkan.
2.Siswa diminta oleh guru memperhatikan demonstrasi dengan maju ke barisan paling depan.
Setelah demonstrasi usai. Guru member lembar kerja kelompok yang berisi factor utama terjadinya gaya magnet pada besi yang didekatkan dengan magnet.
Siswa megerjakan LKK sesuai dengan intruksi yang ada.
Matematika
Konfirmasi
IPS
Konfirmasi
B.Indo
Konfirmasi
IPA
Konfirmasi
Guru dan siswa membahas hal-hal yang belum diketahui dalam materi bahasan.
Guru member kesimpulan atas bahasan tersebut.
Guru bersama siswa membahas bersama hasil pekerjaan dengan menukarkan hasil pekerjaan ke kelompok yang lain dibantu siswa dan guru mengambil kesimpulan hasil bahasan
Kegiatan selanjutnya siswa secara individu mengumpulkan hasil kerja kelompok di tempat yang telah disediakan guru
Wakil dan kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
Siswa mengambil kesimpulan mandiri bersama kelompoknya.
                                                                                         
Kegiatan Penutup
Ø  Guru berdiri di depan kelas (kelas 1 pintu penghubung antara 2 kels untuk mengadakan review atas materi  dan kegiatan yang baru dilakukan.
Ø  Guru memberi komentar dan penguatan sesuai dengan keperluan.
Ø  Guru melakukan evaluasi tes formatif.
Ø  Guru menyampaikan berbagai bentuk kesan dan pesannya terhadap proses pembelajaran ketika itu.
Ø  Pelajaran ditutup dengan doa.

EVALUASI
1.      Proses Tes                   : Tes Akhir
2.      Jenis Tes                      : Tertulis
3.      Bentuk Tes                  : Unjuk Kerja
4.      Alat Tes                       : Buah/Butir Soal



SOAL EVALUASI
AKHIR KEGIATAN
PEMBELAJARAN

Matematika Kelas 3 :
a.       Buatlah bentuk bangun gambar berbentuk persegi (Kotak)
b.      Buatlah bentuk bangun gambar berbentuk persegi panjang
c.       Buatlah bentuk bangun gambar berbentuk lingkaran (bulat)
d.      Buatlah bentuk bangun gambar berbentuk segitiga
e.       Buatlah bentuk bangun gambar berbentuk balok/kubus

IPS Kelas 3 :
Petunjuk !
Mari menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
a.       Mengapa setiap orang perlu bekerja
b.      Tuliskan cirri-ciri orang yang bekerja dengan semangat
c.       Tuliskan hasil yang diperoleh dari peternakan lebah
d.      Tuliskan jenis pekerjaan bidang jasa yang kamu ketahui di sekitar rumahmu/lingkunganmu
Bahasa Indonesia Kelas 4 :
a.       Buatlah sebuah pengumuman yang bertemakan olah raga
b.      Jelaskan cirri-ciri pantun
c.       Jelaskan pengertian pantun
d.      Jelaskan tujuan membaca nyaring
e.       Menurut kamus besar (KBBI) apa yang dimaksud pantun
IPA Kelas 4:
Kerjakan soal-soal dibawah ini dengan jelas dan benar !
1.      Apa yang dimaksud dengan gaya ?
2.      Sebutkan 3 contoh gaya yang mengubah bentuk suatu benda?
3.      Sifat gaya apa yang terjadi pada gerobak yang ditarik dengan kuda sehingga menjadi bergerak ?
4.      Gaya apakah yang menyebabkan benda jatuh ke bawah(bumi)?
5.      Gaya apa yang dihasilkan dari alat ketapel dan panah ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar