RANCANGAN PEMBELAJARAN
KELAS RANGKAP
(Model 2.2.2)
Dua kelas dua mata pelajaran 2
ruang
A.
MATA
PELAJARAN : 1. a. Matematika / Bangun Datar
b. IPS / Jenis Pekerjaan
2. a. Bahasa Indonesia /Pantun
b. IPA
/ Gaya
B.
Kelas/Semester : 1. a. III/2
b. III/2
2. a.
IV/2
b. IV/2
C.
Standar
Kompetensi : 1. a. Kelas 3 :
Geometri
b. Kelas 3 : Memahami Jenis –Jenis Pekerjaan
2. a.
Kelas 4 : Berbicara mengungkapkan perasaan
dan informasi
b.Kelas 4 : Menyimpulkan hasil percobaan bahwa
gaya dorong dan tarikan dapat
mengubah gerak dari suatu
benda
D.
|
1.
a.
-
Memahami unsur dan sifat – sifat bangun datar
-
Mengidentifikasi
berbagai bangun datar sederhana menurut sifatnya/unsurnya
-
Mengidentifikasi
berbagai jenis dan besar sudut
b.
- Mengenal jenis pekerjaan
- Memahami
pentingnya semangat bekerja
2.
a.
- Berbalas membaca pantun dengan
tepat dan
intonasi yang tepat
-
Menyampaikan pesan melalaui alat dan sejenisnya
b.
- Gaya mempengaruhi bentuk benda
|
I.
INDIKATOR
1.
a.
- Menentukan sudut dari suatu
benda/bangun
-
Mengenal dan membuat jenis – jenis sudut
b. - Mengidentifikasi jenis – jenis pekerjaajn
sekitar
- Mengidentifikasi pentingnya semangat bekertja
2. a.
- Mencari arti kata dalam pantun
- Membuat daftar berbagai jenis gerakan benda
b. - Mendemonstrasikan cara menggerakkan benda
-
Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi gerak benda
II.
MATERI
POKOK
1.
a.
Sifat – sifat bangun datar
b.
Jenis – Jenis Pekerjaan
2.
a.
Pantun yang dibuat oleh siswa/dari sumber belajar
b.
Gaya mempengaruhi bentuk benda
III.
MEDIA
1.
a.
Media kelas 3 : Gambar
b.
Media kelas 4 : Gambar
IV.
SUMBER
1.
a.
Kelas 3 Matematika:Matematika untuk SD/MI Hal;83-102:Pusat Perbukuan Nasional
Tahun .2010.
b.
Kelas 3 IPS :untuk SD/MI Hal;65-67:Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan
Nasional .2009.
2.
a.
Kelas 4 Bahasa Indonesia: untuk SD/MI Hal;87-95.Jakarta:PusatPerbukuan
Kementerian Pendidikan Nasional.2010.
b.
Kelas 4 IPA: untuk SD/MI Hal;124-132.Jakarta:PusatPerbukuan Kementerian
Pendidikan Nasional.2010.
V.
METODE
PEMBELAJARAN
1.
Kelas 3 :
ceramah bervariasi, tanya jawab dan diskusi.
2.
Kelas 4 :
ceramah bervariasi, tanya jawab dan diskusi.
VI.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Langkah
–Langkah Pembelajaran :
A.
Pada
kegiatan pendahuluan (± 10 menit) pertama berikan pengantar dan pengaruh dalam
satu ruangan. Gunakan dua – tiga papan tulis. Guru menulis topic bahasan dan
hasil belajar yang harus (minimal) dikuasai siswa.
VII.
KEGIATAN
INTI PEMBELAJARAN
|
Kelas
3
|
Kelas
4
|
||
|
Matematika
Eksplorasi
|
IPS
Eksplorasi
|
B.Indo
Eksplorasi
|
IPA
Eksplorasi
|
|
1.
Guru
membnagun gambar di papan tulis.
2.
Guru
dan siswa melakukan Tanya jawab mengenai gambar yang ada di papan tulis.
|
1. Guru melakukan Tanya jawab
mengenai kebutuhan hidup siswa dan bagaimana cara mendapatkannya.
2. Guru menjelaskan kebutuhan
manusia yang dikelompokkan menjadi 2 jenis primer dan sekunder.
|
1.Guru menuliskan dan membagikan lembar
LKK yang berisi pantun – pantun anak.
2.Kerja individu membaca dengan keras
karangan/pantun.
|
1.Guru member LKK berisi table – table
yang berisi perintah untuk membuat energy gaya sederhana (simulais).
2.Siswa oleh guru diberi informasi
mengenai materi tentang factor penyebab terjadinya gaya.
Siswa
duduk berkelompok sesuai kelompok yang telah dibentuk. Siswa melakukan tanpa
jawab dengan guru mengenai 2 faktor utama penyebab terjadinya gaya pada
magnet.
|
|
Matematika
Elaborasi
|
IPS
Elaborasi
|
B.Indo
Elaborasi
|
IPA
Elaborasi
|
|
Siswa
dibagi menjadi lima kelompok (sesuai jumlah siswa) dan siswa diminta
mengamati gambar yang ada di lembar kerja yang telah dibagikan guru dan
menuliskan jawaban, apakah gambar tsb . kemudian salah satu kelompok
membacakan hasil pengamatannya di depan kelas
|
1.
Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok
2.
Guru
membagi lembar kerja kelompok yang sudah ditentukan guru (16 siswa)
3.
Guru
membagi lembar kerja kelompok yang berisi faktor utama.
4.
Siswa
mengerjakan LKK dan guru berkeliling menjaga situasi dan kondisi kelas supaya
kondusif dan nyaman
|
Siswa membuat sebuah pengumuman
berisi: (1) himbauan, (2) Pengumuman, (3) Ajakan, (4) sponsor/iklan, secara
berkelompok (kerja kelompok)
|
1.Guru dan siswa melakukan percobaan
sederhana Magnet guru dengan besi yang didekatkan.
2.Siswa diminta oleh guru memperhatikan
demonstrasi dengan maju ke barisan paling depan.
Setelah
demonstrasi usai. Guru member lembar kerja kelompok yang berisi factor utama
terjadinya gaya magnet pada besi yang didekatkan dengan magnet.
Siswa
megerjakan LKK sesuai dengan intruksi yang ada.
|
|
Matematika
Konfirmasi
|
IPS
Konfirmasi
|
B.Indo
Konfirmasi
|
IPA
Konfirmasi
|
|
Guru dan siswa membahas hal-hal yang
belum diketahui dalam materi bahasan.
Guru member kesimpulan atas bahasan
tersebut.
|
Guru bersama siswa membahas bersama
hasil pekerjaan dengan menukarkan hasil pekerjaan ke kelompok yang lain
dibantu siswa dan guru mengambil kesimpulan hasil bahasan
|
Kegiatan selanjutnya siswa secara
individu mengumpulkan hasil kerja kelompok di tempat yang telah disediakan
guru
|
Wakil
dan kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
Siswa
mengambil kesimpulan mandiri bersama kelompoknya.
|
Kegiatan Penutup
Ø Guru berdiri di depan kelas (kelas 1
pintu penghubung antara 2 kels untuk mengadakan review atas materi dan kegiatan yang baru dilakukan.
Ø Guru memberi komentar dan penguatan
sesuai dengan keperluan.
Ø Guru melakukan evaluasi tes formatif.
Ø Guru menyampaikan berbagai bentuk kesan
dan pesannya terhadap proses pembelajaran ketika itu.
Ø Pelajaran ditutup dengan doa.
EVALUASI
1.
Proses
Tes : Tes Akhir
2.
Jenis
Tes : Tertulis
3.
Bentuk
Tes : Unjuk Kerja
4.
Alat
Tes : Buah/Butir
Soal
SOAL EVALUASI
AKHIR KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Matematika Kelas
3 :
a.
Buatlah
bentuk bangun gambar berbentuk persegi (Kotak)
b.
Buatlah
bentuk bangun gambar berbentuk persegi panjang
c.
Buatlah
bentuk bangun gambar berbentuk lingkaran (bulat)
d.
Buatlah
bentuk bangun gambar berbentuk segitiga
e.
Buatlah
bentuk bangun gambar berbentuk balok/kubus
IPS Kelas 3 :
Petunjuk !
Mari menjawab
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
a.
Mengapa
setiap orang perlu bekerja
b.
Tuliskan
cirri-ciri orang yang bekerja dengan semangat
c.
Tuliskan
hasil yang diperoleh dari peternakan lebah
d.
Tuliskan
jenis pekerjaan bidang jasa yang kamu ketahui di sekitar rumahmu/lingkunganmu
Bahasa Indonesia Kelas 4 :
a.
Buatlah
sebuah pengumuman yang bertemakan olah raga
b.
Jelaskan
cirri-ciri pantun
c.
Jelaskan
pengertian pantun
d.
Jelaskan
tujuan membaca nyaring
e.
Menurut
kamus besar (KBBI) apa yang dimaksud pantun
IPA Kelas 4:
Kerjakan soal-soal dibawah ini dengan jelas dan
benar !
1.
Apa
yang dimaksud dengan gaya ?
2.
Sebutkan
3 contoh gaya yang mengubah bentuk suatu benda?
3.
Sifat
gaya apa yang terjadi pada gerobak yang ditarik dengan kuda sehingga menjadi
bergerak ?
4.
Gaya
apakah yang menyebabkan benda jatuh ke bawah(bumi)?
5.
Gaya
apa yang dihasilkan dari alat ketapel dan panah ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar