Minggu, 05 Juni 2016



RESUME MODUL 8
PEMBELAJARAN B. INDONESIA DENGAN FOKUS MEMBACA

kegiatan belajar I
PEMBELAJARAN
B. INDONESIA DENGAN FOKUS MEMBACA


Pengertian pembelajaran bahasa indonesia
dengan fokus ketarampilan membaca Pemfokusan pembelajaran bahasa      indonesia pada salah satu ketrampilan        yaitu ketrampilan membaca sehingga      alokasi waktu untuk membaca lebih banyak daripada ketrampilan lainnya.



b. Tujuan Pembelajaran membaca
 di kelas rendah
Menurut I Gusti Ngurah Oka
Dikemukakan, bahwa tujuan membaca di SD kelas rendah adalah membina kemampuaan siswa dalam hal-hal berikut ini :
1. Mekanisme membaca, yaitu mengasosiasi huruf
                   dengan bunyi-bnyi bahasa yang diwakilinya.
2. Membina gerak mata membaca dari kiri ke                      
                                   kanan 
c. Tujuan Pembelajaran di kelas
    Tinggi

Menurut tarigan tujuan membaca di kelas  tinggi mencakup aspek berikut ini :

1.memahami pengertian sederhana                                                                                           
2.memahami signifikasi / makna
         3. evaluasi/penilaian isi,bentuk
         4. ketepatan membaca yang fleksibel (sesuai keadaan)








Kegiatan belajar II
MODEL PEMBELAJARAN B. INDONESIA DENGAN FOKUS MEMBACA
             Materi, Metode, Teknik, Pembelajaran
      bahasa indonesia dengan fokus membaca

          Materi merupakan bahan pembelajaran yang berfungsi sebgai saranas untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan guru atau untuk mengembangkan kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam kurikulum

Ø Metode
     setelah memilih materi langkah selanjutnya adalah menentukan metode dan teknik.
        Pengertian metode adalah suatu prosedur untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan  yang meliputi ; Pemilihan bahan ,urutan bahan, penyajian bahan dan pengulangan bahan.
  


       Teknik
          Upaya guru atau usaha-usha guru / cara-cara yang digunakan guru utntuk mencapai tujuan langsung dalam praktik pembelajaran di dalam kelas saat itu.
       Macam metode teknik pembelajaran membaca adalah seperti modul 7 lalu yaitu berikut ini :
   1.metode abjad
     2.metode bunyi
     3.metode suku kata
     4.metode kata
     5.metode kalimat
     6 metode SAS (struktur analitik sintetik)



















b.Model Pembelajaran bahasa indonesia
    dengan fokus membaca di kelas rendah
Persiapan tertulis sebelum mengajar yang disusun guru berdasarkan kurikulum yang berlaku (RPP) setelah disesuaikan dengan kemampuan, dan kebutuhan peserta didiik usia kelas rendah.

b. Model Pembelajaran bahasa
    indonesia dengan fokus membaca  
    di kelas rendah
              Pada hakikatnya sama dengan model pembelajaran bahasa indonesia di kelas rendah yang berbeda hanya tingkat kompetensi yang harus dikuasai anak didik memang khusus dipersiapkan untuk kelas tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar