RESUME MODUL 8
PEMBELAJARAN B. INDONESIA DENGAN FOKUS MEMBACA
kegiatan belajar I
PEMBELAJARAN
PEMBELAJARAN
B.
INDONESIA DENGAN FOKUS MEMBACA
Pengertian pembelajaran
bahasa indonesia
dengan fokus ketarampilan membaca Pemfokusan pembelajaran bahasa indonesia pada salah satu ketrampilan yaitu ketrampilan membaca sehingga alokasi waktu untuk membaca lebih banyak daripada ketrampilan lainnya.
dengan fokus ketarampilan membaca Pemfokusan pembelajaran bahasa indonesia pada salah satu ketrampilan yaitu ketrampilan membaca sehingga alokasi waktu untuk membaca lebih banyak daripada ketrampilan lainnya.
b. Tujuan Pembelajaran membaca
di kelas rendah
Menurut I Gusti Ngurah Oka
Dikemukakan, bahwa
tujuan membaca di SD kelas rendah adalah membina kemampuaan siswa dalam hal-hal
berikut ini :
1. Mekanisme
membaca, yaitu mengasosiasi huruf
dengan bunyi-bnyi bahasa yang
diwakilinya.
2. Membina gerak
mata membaca dari kiri ke
kanan
c. Tujuan Pembelajaran di kelas
Tinggi
Menurut tarigan tujuan membaca di kelas tinggi mencakup aspek berikut ini :
1.memahami pengertian sederhana
2.memahami
signifikasi / makna
3.
evaluasi/penilaian isi,bentuk
4. ketepatan
membaca yang fleksibel (sesuai keadaan)
Kegiatan belajar II
MODEL PEMBELAJARAN B. INDONESIA DENGAN FOKUS MEMBACA
MODEL PEMBELAJARAN B. INDONESIA DENGAN FOKUS MEMBACA
•
Materi, Metode, Teknik, Pembelajaran
bahasa indonesia dengan fokus membaca
Materi merupakan bahan pembelajaran yang berfungsi
sebgai saranas untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan guru atau untuk
mengembangkan kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam kurikulum
Ø
Metode
setelah memilih materi langkah selanjutnya adalah
menentukan metode dan teknik.
Pengertian
metode adalah suatu prosedur untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan yang meliputi ; Pemilihan bahan ,urutan
bahan, penyajian bahan dan pengulangan bahan.
•
Teknik
Upaya guru atau
usaha-usha guru / cara-cara yang digunakan guru utntuk mencapai tujuan langsung
dalam praktik pembelajaran di dalam kelas saat itu.
•
Macam
metode teknik pembelajaran membaca adalah seperti modul 7 lalu yaitu berikut
ini :
1.metode abjad
2.metode bunyi
3.metode suku kata
4.metode kata
5.metode kalimat
6 metode SAS (struktur
analitik sintetik)
b.Model
Pembelajaran bahasa indonesia
dengan
fokus membaca di kelas rendah
Persiapan tertulis sebelum mengajar yang disusun
guru berdasarkan kurikulum yang berlaku (RPP) setelah disesuaikan dengan
kemampuan, dan kebutuhan peserta didiik usia kelas rendah.
b.
Model Pembelajaran bahasa
indonesia dengan
fokus membaca
di kelas
rendah
Pada hakikatnya sama dengan model
pembelajaran bahasa indonesia di kelas rendah yang berbeda hanya tingkat
kompetensi yang harus dikuasai anak didik memang khusus dipersiapkan untuk
kelas tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar