MODUL 4
LINGKUNGAN
SEBAGAI SUMBER BELAJAR
Kegiatan Belajar. 1
Sekolah dan rekan sejawat guru sebagai sumber
Sekolah dan rekan sejawat guru sebagai sumber
A. Pengertian Kerjasama Guru
dengan pihak lain
Merupakan usaha bagaimana guru
memerlukan kerjasama utamanya dengan pihak lain, terutama dari lingkungan
internal yaitu teman sejawat dan seluruh anggata / staf sekolah. Kegunaan
kegiatan ini salah satunya adalah untuk meningkatkan dan memperluas sumber
belajar. Oeleh karena itu kerjasama tersebut dapat dilakukan dengan melalui
1.
kerjasama antara
guru dan kepala sekolah yang terpusat pada pembagian tugas
mengajar dan kerja administrasi, misalnya :
2. Kerjasama dengan sebuah forum tertentu dengan
mengikuti kegiatannya.
3. Kerjasama dengan penilik, kepala dinas
pendidikan dan komite sekolah setempat
b. Membangun
kerjasama dengan pihak lain
a)
Mengumpulkan data statistik dan sumber
informasi Misalnya terutama data sekolah yang meliputi
jumlah murid,
jumlah murid yang
lanjut ke SMP, Jumlah data penduduk, desa, umur ,
jenis kelamin, data
tentang tempat wisata danau, kawah ,sungai situs
dsb.
b)
Melakukan Negosiasi (perundingan)
Contoh melakukan perundingan dengan cara menjalin kerjasama /
meminta
dukungan kepada tokoh masayarakat atau
pihak yang
berkepentingan misalnya ; penggalangan dana (sponsor) untuk suatu
kegiatan
tertentu.
c) Memberikan peranan nyata
Guru
perlu memberikan bukti nyata bahwa keberadaannya tetap eksis
bahkan memiliki peran
aktif dalam masyarakat, hal tersebut dapat
diwujudkan dalam peran serta guru dalam kegiatan masyarakat
misalnya;
menjadi tutor, menjadi
penyuluh pertanian, pemerhati kesehatan, panitia
keolahragaan dll.
d) Melaporkan keadaan sekolah
Guru dapat
melakukan hal ini, misalnya dengan memberikan laporan tentang perkembangan
prestasi tumbuh kembang anak kepada wali/orang tua siswa, pada saat pembagian
rapor, mengundang orang tua untuk menghadiri kelulusan putra-putrinya,
melaporkan / mempublikasikan keadaan sekolah pada lurah / kepala desa tentang
kondisi , jumlah fasilitas yang tersedia.
e) Memberikan tanda penghargaan
Sekolah
atau guru dapat memberikan penghargaan seperti piagam atau piala atau yang
lebih sederhana mengumumkan pada masyarakat ketika rapat dengan mengucapakan
terima kasih berkat bantuan dan dukungan masyarakat sekolah kita lebih maju, sehingga masyarakat
merasa dihargai dan diperhatikan oleh sekolah / guru.
C. Melakukan kerjasama sekolah
dan Rekan sejawat guru
Cara memanfaatkan rekan sejawat Guru
dari satu sekolah sebagai sumber belajar :
Ø Cara yang dapat dilakukan misalnya dengan meminta bantuan
mengajarkan materi yang sulit kepada teman guru.
Ø Meminjam buku sumber, bahan dan alat peraga.
Ø meminta teman untuk
mengajar kelas anda, sementara anda mengajar di kleas teman anda.
Ø Membawa murid anda untuk belajar di kelas teman anda.
d. Memanfaatkan Rekan sejawat Guru dari sekolah lain
1) berdiskusi / tukar pengalaman untuk mengatasi berbagai
kesulitan.
2) Membangun pusat belajar (PSB),
mengembangkan alat pelajaran, perpustakaan
bersama
3) Mengadakan kegiatan bersama,
misalnya mengadakan kunjungan dan karya wisata
bersama.
4) saling membantu dalam mengajar
Sebagai
contoh kasus :
Suatu sekolah DI SD yang jauh, di
sana banyak guru merngkap mat pel dan kelas untuk mengatasi masalah maka perlu
dilakukan pendekatan dengan berbagai pihak :
1.
melakukan konsultasi dengan pejabat KCD pendidikan untuk mengatasi
kekurangan
guru di SD dengan memanfaatkan kelebihan guru.
2. Melakukan pendekatan dengan SD lain
untuk mengatur pemanfaatan kelebihan
guru
3. Mengatur penjadwalan mengajar apabila
sudah disepakati untuk saling
membantu dalam mengajar.
(pendekatan kelembagaan).
E.
Memanfaatkan Teman guru dalam KKG
1) membuat program
/ persiapan pembelajaran
2) saling tukar informasi, tukar pengalaman,
untuk memecahkan berbagai kesulitan
Kegiatan Belajar. 2
Sekolah dan lingkungan sebagai sumber belajar
Sekolah dan lingkungan sebagai sumber belajar
A.
Menciptakan lingkungan sekolah
sebagai sumber belajar
Suasana
perlu diciptakan untuk menunjang proses belajar-mengajar, suasana yang
mendorong murid dan guru untuk memanfaatkan bahan dan pelengkapan yang ada.
Suasana tersebut adalah adanya persiapan alat / bahan sebagai sumber belajar
dan terciptanya lingkungan belajar untuk menunjang proses belajar mandiri. Alat
dan bahan tersebut misalnya ; kebun sekolah, kolam ikan, dan peternakan, hutan
lindung dsb.
B. Melengkapi Sekolah Dengan Sumber Belajar dapat
dilakukan dengan cara :
1.
Mengumpulkan berbagai jenis tumbuhan, daun-daunan, bunga-
bungaan, kemudian dikeringkan dan disusun
berdasarkan jenisnya lalu
disimpan dalam buku / dalam lemari yang disusun rapi.
2.
Mengumpulkan berbgai jenis binatang, baik bintang darat maupun
binatang air, kemudian
dikeringkan dan disusun dalam satu
lembar
kertas manila dan diberi
identitas
3.
Mengumpulkan berbagai jenis biji-bijian, kemudian dikumpulkan pada
gelas plastik bekas aqua sesuai dengan jenisnya dan
disimpan dalam
lemari.
4. Mengumpulkan berbagai jenis batu-batuan
seperti batu padas, batu
sungai, batu pasir dan
batu-batu lain kemudian disimpan pada lemari
atau meja dan ditempatkan di salah
satu sudut ruangan kelas.
5. Mengumpulkan barang-barang bekas antara lain barang dari
logam
Plastik, kayu, rotan, kaca,
ebonit, kabel, kertas dan kain.
6.
Mengumpulkan uang logam yang sudah tidak terpakai dari tahun lama sampai tahun
terakhir
7. Guru
bersama murid membuat sendiri alat peraga pelajaran yang dapat digunakan
dalam proses pembelajaran antara lain,
globe
C. Mengembangkan Program Kebun,
Kolam, dan Peternakan Sekolah
Jika sekolah memiliki sisa tanah lapang yang luas, tanah
itu bisa dimanfaatkan untuk bunga-bugaan
atau berbagai jenis tumbuhan. Andaikan sekolah tidak memiliki tanah, guru dapat
menanami tumbuhan dalam pot-pot bunga, sayur-sayuran atau tumbuhan lainnya.
D. Mengembangkan Pusat Sumber
Belajar Siswa
Tempat ini dapat berupa
ruangan kelas,sudut ruangan atau tempat khusus untuk melakukan tugas
kegiatan belajar. Benda atau barang tersebut dapat ditata pada tempat yang
telah disediakan yaitu dengan beberapa cara:
1) Penempatan dilakukan berdasar jenis dari semua koleksi
atau benda barang yang
ada di
PSBS, jenis tersebut diklasifikasikan menurut alat praktikum, buku
tanaman,
hewan, tumbuhan, biji-bijian dll
2) Penempatan dapat dilakukan berdasar matpel, yaitu alat
dan sumber belajar
matpel
ditempatkan di satu sudut tersendiri.
Kegiatan
Belajar 3
Lingkungan sebagai sumber belajar
Lingkungan sebagai sumber belajar
A.
Pengertian lingkungan sebagai sumber
belajar
Bagi guru prinsip mandiri adalah
melepaskan diri dari ketergantungan terhadap
fasilitas yang dikirim pemerintah dan terhadap jumlah kelengkapan guru
yang mengajar di sekolah. Prinsip mandiri adalah menciptakan berbagai sumber
belajar terlepas dari ketergantungan tadi.
Lingkungan
alam sekitar baik lingkugan alam maupun lingkungan sosial budaya dapat
digunakan sebagai sumber belajar oleh murid-murid. Tugas guru adalah
mengungkap, menggali, memanfaatkan kekayaan alam yang melimpah untuk menunjang
pendidikan
B. Memanfaatkan Pusat Sumber Belajar
PSB adalah suatu cara yang baik untuk memantapkan
dan memperkaya belajar murid-murid. Contoh dalam memanfaatkan PSB. LKM
diarahkan untuk kegiatan berikut.
1) Mengembangkan ketrampilan / konsep
2) Menempatkan semua lembar kerja,permainan, diagram, hasil
praktikum,atau
hasil karya lainnya di suatu tempat
3) Mengembangkan beberapa bentuk penyimpanan sehingga baik
guru
maupun murid dapat menghabiskan waktunya untuk belajar.
C.Lingkungan sekitar sebagai
sumber
belajar
Pengertian
lingkungan yang dimaksud disini adalah lingkungan dalam arti luas yang meliputi
2 hal : yaitu lingkungan alam dan lingkungan sosial budaya. Lingkungan Alam
berkaitan dengan sumber-sumber alami antara lain, gunung, sawah,lembah, danau,
dsb.lingkungan sosial budaya berkaitan dengan kehidupan masyarakat, keagamaan,
kenegaraan, kebudayaan, politik, ekonomi dst.Adapun langkah-langkah dalam
menggunakan laboratorium raksasa adalah sebagai berikut :
1)Mengidentifikasi sumber
lingkungan yang ada
di sekitar anda
yang dapat digunakan untuk kepentingan belajar murid-murid.
2)
Memanfaatkan sumber lingkungan tersebut untuk kepentingan belajar murid-
murid.
Ada
beberapa hal yang perlu dipertimbangkan guru dalam menentukan lingkungan
sekitar sebagai sumber belajar adalah sbb:
1)
Sumber tersebut mudah dijangkau
2)
Tidak memerlukan biaya tinggi
3) Tempat
tersebut aman digunakan untuk belajar
4)
ada kaitannya dengan materi ajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar