Kamis, 09 Juni 2016



MODUL 4
LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR

Kegiatan Belajar. 1
Sekolah dan rekan sejawat guru sebagai sumber
       
          A. Pengertian Kerjasama Guru dengan pihak lain
            Merupakan usaha bagaimana guru memerlukan kerjasama utamanya dengan pihak lain, terutama dari lingkungan internal yaitu teman sejawat dan seluruh anggata / staf sekolah. Kegunaan kegiatan ini salah satunya adalah untuk meningkatkan dan memperluas sumber belajar. Oeleh karena itu kerjasama tersebut dapat dilakukan dengan melalui
 1.      kerjasama antara guru dan kepala sekolah yang terpusat pada pembagian tugas
mengajar dan kerja administrasi, misalnya :
              2.  Kerjasama dengan sebuah forum tertentu dengan mengikuti kegiatannya.
              3.  Kerjasama dengan penilik, kepala dinas pendidikan dan komite sekolah setempat
               
b. Membangun kerjasama dengan pihak  lain

                   a) Mengumpulkan data statistik dan sumber  
informasi Misalnya terutama data sekolah yang meliputi jumlah murid,  
                                    jumlah murid yang lanjut ke SMP, Jumlah data penduduk, desa, umur ,
                                    jenis kelamin, data tentang tempat wisata danau, kawah ,sungai situs
                                    dsb.
                        b) Melakukan Negosiasi (perundingan)
Contoh melakukan perundingan dengan cara menjalin          kerjasama /                              
 meminta dukungan kepada tokoh masayarakat atau  pihak   yang                                         
berkepentingan misalnya ; penggalangan dana (sponsor)       untuk   suatu                            kegiatan tertentu.
         
c) Memberikan peranan nyata
                                    Guru perlu memberikan bukti nyata bahwa keberadaannya tetap eksis  
                                    bahkan memiliki peran aktif dalam masyarakat, hal tersebut dapat 
                                    diwujudkan dalam  peran serta guru dalam kegiatan masyarakat misalnya;
                                    menjadi tutor, menjadi penyuluh pertanian, pemerhati kesehatan, panitia
                                    keolahragaan dll.
           
                        d) Melaporkan keadaan sekolah
Guru dapat melakukan hal ini, misalnya dengan memberikan laporan tentang perkembangan prestasi tumbuh kembang anak kepada wali/orang tua siswa, pada saat pembagian rapor, mengundang orang tua untuk menghadiri kelulusan putra-putrinya, melaporkan / mempublikasikan keadaan sekolah pada lurah / kepala desa tentang kondisi , jumlah fasilitas yang tersedia.

                        e) Memberikan tanda penghargaan
Sekolah atau guru dapat memberikan penghargaan seperti piagam atau piala atau yang lebih sederhana mengumumkan pada masyarakat ketika rapat dengan mengucapakan terima kasih berkat bantuan dan dukungan masyarakat  sekolah kita lebih maju, sehingga masyarakat merasa dihargai dan diperhatikan oleh sekolah / guru.   
      
      
C. Melakukan kerjasama sekolah
      dan Rekan sejawat guru

                Cara memanfaatkan rekan sejawat Guru dari satu sekolah sebagai sumber belajar :
Ø  Cara yang dapat dilakukan misalnya dengan meminta bantuan mengajarkan materi yang sulit kepada teman guru.
Ø  Meminjam buku sumber, bahan dan alat peraga.
Ø   meminta teman untuk mengajar kelas anda, sementara anda mengajar di kleas teman anda.
Ø  Membawa murid anda untuk belajar di kelas teman anda.

d. Memanfaatkan Rekan sejawat Guru dari sekolah lain

        1) berdiskusi / tukar pengalaman untuk mengatasi berbagai kesulitan.
2) Membangun pusat belajar (PSB), mengembangkan alat pelajaran, perpustakaan
    bersama
            3) Mengadakan kegiatan bersama, misalnya mengadakan kunjungan dan karya wisata
                bersama.
            4) saling membantu dalam mengajar
    Sebagai contoh kasus :
Suatu sekolah DI SD yang jauh, di sana banyak guru merngkap mat pel dan kelas untuk mengatasi masalah maka perlu dilakukan pendekatan dengan berbagai pihak :
      
1. melakukan konsultasi dengan pejabat KCD pendidikan untuk mengatasi
                        kekurangan guru di SD dengan memanfaatkan kelebihan guru.
                2. Melakukan pendekatan dengan SD lain untuk mengatur pemanfaatan kelebihan
                        guru
                3. Mengatur penjadwalan mengajar apabila sudah disepakati untuk saling  
                   membantu dalam mengajar. (pendekatan kelembagaan).


E. Memanfaatkan Teman guru dalam KKG
          1) membuat program / persiapan pembelajaran
      2) saling tukar informasi, tukar pengalaman,
           untuk memecahkan berbagai kesulitan


Kegiatan Belajar. 2
Sekolah dan lingkungan sebagai sumber belajar

A.    Menciptakan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar

Suasana perlu diciptakan untuk menunjang proses belajar-mengajar, suasana yang mendorong murid dan guru untuk memanfaatkan bahan dan pelengkapan yang ada. Suasana tersebut adalah adanya persiapan alat / bahan sebagai sumber belajar dan terciptanya lingkungan belajar untuk menunjang proses belajar mandiri. Alat dan bahan tersebut misalnya ; kebun sekolah, kolam ikan, dan peternakan, hutan lindung dsb.

B. Melengkapi Sekolah Dengan Sumber Belajar dapat dilakukan dengan cara :

            1.  Mengumpulkan berbagai jenis tumbuhan, daun-daunan, bunga-
                 bungaan, kemudian dikeringkan dan disusun berdasarkan jenisnya lalu
                disimpan  dalam buku / dalam lemari yang disusun rapi.
            2.  Mengumpulkan berbgai jenis binatang, baik bintang darat maupun
                 binatang air, kemudian dikeringkan dan disusun dalam  satu lembar
                 kertas manila dan diberi identitas
            3.  Mengumpulkan berbagai jenis biji-bijian, kemudian dikumpulkan  pada
                  gelas plastik  bekas aqua sesuai dengan jenisnya dan disimpan dalam
                        lemari.
            4.   Mengumpulkan berbagai jenis batu-batuan seperti batu padas, batu
                  sungai, batu pasir dan batu-batu lain kemudian disimpan pada lemari
                  atau meja dan ditempatkan di salah satu sudut ruangan kelas.
            5.    Mengumpulkan  barang-barang bekas antara lain barang dari logam 
                    Plastik, kayu, rotan, kaca, ebonit, kabel, kertas dan kain.
6. Mengumpulkan uang logam yang sudah tidak terpakai dari tahun lama sampai tahun
        terakhir
7. Guru bersama murid membuat sendiri alat peraga pelajaran yang dapat digunakan
       dalam proses pembelajaran antara lain, globe
                                    
C. Mengembangkan Program Kebun, Kolam, dan Peternakan Sekolah

Jika sekolah memiliki sisa tanah lapang yang luas, tanah itu bisa dimanfaatkan  untuk bunga-bugaan atau berbagai jenis tumbuhan. Andaikan sekolah tidak memiliki tanah, guru dapat menanami tumbuhan dalam pot-pot bunga, sayur-sayuran atau tumbuhan lainnya. 

D. Mengembangkan Pusat Sumber Belajar Siswa

Tempat ini dapat berupa  ruangan kelas,sudut ruangan atau tempat khusus untuk melakukan tugas kegiatan belajar. Benda atau barang tersebut dapat ditata pada tempat yang telah disediakan yaitu dengan beberapa cara:
           
1) Penempatan dilakukan berdasar jenis dari semua koleksi atau benda barang yang
               ada di PSBS, jenis tersebut diklasifikasikan menurut alat praktikum, buku    
               tanaman, hewan, tumbuhan, biji-bijian dll
      
2) Penempatan dapat dilakukan berdasar matpel, yaitu alat dan sumber belajar
               matpel ditempatkan di satu sudut tersendiri.
     

Kegiatan Belajar 3
Lingkungan sebagai sumber belajar

A.  Pengertian lingkungan sebagai sumber belajar
            Bagi guru prinsip mandiri adalah melepaskan diri dari ketergantungan terhadap  fasilitas yang dikirim pemerintah dan terhadap jumlah kelengkapan guru yang mengajar di sekolah. Prinsip mandiri adalah menciptakan berbagai sumber belajar terlepas dari ketergantungan tadi.
                        Lingkungan alam sekitar baik lingkugan alam maupun lingkungan sosial budaya dapat digunakan sebagai sumber belajar oleh murid-murid. Tugas guru adalah mengungkap, menggali, memanfaatkan kekayaan alam yang melimpah untuk menunjang pendidikan

B. Memanfaatkan Pusat Sumber Belajar
PSB adalah suatu cara yang baik untuk memantapkan dan memperkaya belajar murid-murid. Contoh dalam memanfaatkan PSB. LKM diarahkan untuk kegiatan berikut.
                    1) Mengembangkan ketrampilan / konsep
                    2) Menempatkan semua lembar kerja,permainan, diagram, hasil    
                          praktikum,atau hasil karya lainnya di suatu tempat
                    3) Mengembangkan beberapa bentuk penyimpanan sehingga baik
                         guru maupun murid dapat menghabiskan waktunya untuk belajar.
   
C.Lingkungan sekitar sebagai sumber
    belajar
Pengertian lingkungan yang dimaksud disini adalah lingkungan dalam arti luas yang meliputi 2 hal : yaitu lingkungan alam dan lingkungan sosial budaya. Lingkungan Alam berkaitan dengan sumber-sumber alami antara lain, gunung, sawah,lembah, danau, dsb.lingkungan sosial budaya berkaitan dengan kehidupan masyarakat, keagamaan, kenegaraan, kebudayaan, politik, ekonomi dst.Adapun langkah-langkah dalam menggunakan laboratorium raksasa adalah sebagai berikut :
                        1)Mengidentifikasi sumber lingkungan yang ada
                            di sekitar anda yang dapat digunakan untuk kepentingan belajar murid-murid.
                        2) Memanfaatkan sumber lingkungan tersebut untuk kepentingan belajar murid-
                            murid.         
Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan guru dalam menentukan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar adalah sbb:
                                    1) Sumber tersebut mudah dijangkau
                                    2) Tidak memerlukan biaya tinggi
                                    3) Tempat tersebut aman digunakan untuk belajar
                                    4) ada kaitannya dengan materi ajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar