Rabu, 01 Juni 2016



Home » RPP IPS » RPP IPS KELAS IV SEMESTER 1 (Membaca Peta)
RPP IPS KELAS IV SEMESTER 1 (Membaca Peta)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 9 jam pelajaran @ 35 menit
Pertemuan Minggu ke- 1 sampai 3 (3 minggu)


I. Standar Kompetensi :
Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku
bangsa di lingkungan kebupaten/kota dan provinsi
II. Kompetensi Dasar :
Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi)
dengan menggunakan skala sederhana
III. lndikator :
1.    Memahami pengertian peta dengan benar.
2.      Menyebutkan komponen-komponen peta.
3.      Menunjukkan tempat-tempat penting di Kabupaten trenggalek pada peta seperti tempat perkebunan, terminal bus, tempat wisata, dan lain-lain.
4.      Menghitung skala sederhana pada peta

D.  Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat memahami pengertian peta dengan benar.
2.      Siswa dapat menyebutkan komponen-komponen peta.
3.      Siswa dapat menunjukkan tempat-tempat penting di Kabupaten Trenggalek pada peta seperti perkebunan, terminal bus, tempat wisata, dan lain-lain..
4.      Siswa dapat menghitung skala sederhana.



E.  Materi Ajar
Peta adalah gambaran secara keseluruhan atau sebagian dari permukaan bumi pada suatu bidang datar dengan skala tertentu.
Bentuk peta bermacam-macam. Ada peta datar, peta timbul dan peta digital.
·         Peta datar yaitu gambar permukaan buminya rata. Dibuat pada sebuah bidang datar seperti kertas, kain, plastik, dan sebagainya.
·         Peta timbul dibuat sesuai dengan kenampakan permukaan bumi aslinya. Peta ini menunjukkan tinggi rendah suatu wilayah.
·         Peta digital dibuat dengan teknologi komputer. Gambarnya dapat ditayangkan melalui monitor.
Gambar
 Perhatikan kembali peta Kabupaten Trenggalek melalui peta tersebut kamu akan dapat mengetahui arah, letak dan keadaan suatu tempat di Kabupaten Trenggalek. Untuk memahami peta tersebut kamu harus mengetahui komponen-komponen pentingnya.
Adapun komponen-komponen penting tersebut adalah seperti berikut ini.
1.     Judul, yaitu nama peta. Misalnya, Peta Pulau Kalimantan, Peta Provinsi Jawa Tengah, Peta Kabupaten Jember, dsb.
2.      Skala, yaitu perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak sesungguhnya. Skala ada dua macam, yaitu skala angka dan skala garis.

a.       Skala angka
contoh : Skala 1 : 1.000.000
Artinya jarak 1 cm pada peta sama dengan 1.000.000 cm jarak sesungguhnya. Atau jarak 1 cm pada peta sama dengan 10 km pada jarak permukaan bumi.
Gambar
b.      Skala garis/ skala grafis adalah skala yang ditunjukkan dengan garis lurus yang dibagi dalam beberapa ruas dan setiap ruas menunjukkan dalam satuan panjang.
Gambar
Misal ; 1 : 1000.000 Artinya bahwa setiap 1 cm pada peta sama dengan 100.000 cm jarak sesungguhnya. Atau 1 cm jarak pada peta sama dengan 1 km jarak di permukaan bumi.
Contoh soal :
Jarak kota A dan B pada peta 8 cm. Jika skalanya 1 : 700.000, hitunglah berapa km jarak sesungguhnya.
Jawab            :
Jarak sesungguhnya kota A dan B yaitu 8 × 700.000 cm = 5.600.000 cm = 56 km
3.      Legenda dan simbol, yaitu Legenda berisi keterangan tentang simbol-simbol yang digunakan pada peta. Legenda berfungsi untuk memudahkanmu membaca peta. Legenda dapat dilihat di sisi kanan atau kiri peta. Legenda diletakkan pada tempat yang kosong di dalam garis peta.Simbol yang digunakan dalam peta merupakan hasil kesepakatan bersama. Simbol peta dapat dikelompokkan menjadi tiga macam, yaitu simbol titik, simbol garis, dan simbol wilayah.
a.       Simbol titik, berfungsi menggambarkan kenampakan permukaan bumi yang sempit. Contohnya:
                Gambar
b.      Simbol garis, berfungsi menggambarkan unsur-unsur kenampakan permukaan bumi yang
        memanjang. Contohnya:
        Gambar
c.       Simbol wilayah, menggambarkan kenampakan yang memiliki luas.
        Gambar
4.      Orientasi, yaitu penunjuk arah atau arah mata angin, Penunjuk arah terdapat di bagian pinggir peta. Penunjuk arah diletakkan di tempat yang kosong agar tidak mengganggu peta utama. Penunjuk arah dapat berupa garis yang bagian atasnya runcing atau berupa panah. Bisa juga berupa bentuk bintang.
Gambar
Artinya, bagian atas menunjukkan arah utara, bagian bawah menunjukkan arah selatan, bagian kanan menunjukkan arah timur, dan bagian kiri menunjukkan arah barat.
5.      Garis tepi peta, yaitu Garis tepi peta merupakan garis batas gambar peta. Garis ini sekaligus sebagai tempat menuliskan letak astronomis (derajat garis bujur dan garis lintang). Derajat garis bujur dapat dilihat pada tepi peta sebelah atas dan bawah (horizontal).  Derajat garis lintang dapat dilihat pada bagian tepi peta sebelah kiri dan kanan (vertikal).
Gambar

6.      Tata warna, yaitu pemberian warna untuk memperjelas perbedaan satu tempat dengan tempat lainnya di permukaan bumi yang sebenarnya.
Misalnya:
a. Warna biru, menunjukkan laut, sungai, atau danau
b. Warna merah, menunjukkan batas wilayah dan jalan raya
c. Warna hitam, menunjukkan kota, gunung, jalan kereta api
d. Warna hijau, menunjukkan dataran rendah
e. Warna kuning, menunjukkan dataran tinggi
f. Warna coklat, menunjukkan pegunungan
g. Warna putih, menunjukkan daerah bersalju
Satu jenis warna dapat menggambarkan perbedaan kedalaman atau ketinggian suatu tempat. Misalnya warna biru muda menggambarkan laut yang dangkal (kedalamannya kurang dari 200 m). Warna biru tua menggambarkan laut yang dalam (kedalamannya lebih dari 200 m).
7.      Inset, merupakan peta tambahan dari peta utama yang disajikan. Inset dibuat untuk mempermudah pengguna peta mengetahui letak wilayah tertentu dari peta yang disajikan. Inset terletak di sudut peta atau ruang yang kosong
Gambar
8. Skala adalah perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya. Wilayah kabupaten/kota dan
     provinsi tidak dapat digambar menurut ukuran sebenarnya. Sebab kertas untuk menggambar tidak
     mencukupi. Wilayah tersebut dapat digambar dengan diperkecil sesuai dengan ukuran kertas yang
     ada. Kita dapat menggambar seluruh kenampakan alam seperti bentuk aslinya dengan perbandingan
    atau skala tertentu. Gambar
F.   Metode
1.      Ceramah
2.      Tanya Jawab
3.      Demonstrasi
4.      Pemberian Tugas

G.   Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
        a)      Pra Kegiatan
1)      Mengucapkan salam, berdo’a sesuai dengan agamanya masing-masing.
2)      Guru mengabsen siswa satu-persatu
3)      Guru menyiapkan alat-alat yang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran
        b)      Apersepsi
1)      Guru menanyakan tentang peta.
Misalnya: “Pernah tidak, diantara kalian yang pergi ke suatu tempat yang belum pernah kalian kunjungi? Pasti bertanya-tanya sepanjang perjalan kesana kan”
2)      Menyampaikan materi yang akan dipelajari dan tujuan yang ingin dicapai
2.      Kegiatan Inti (25 menit)
a)      Eksplorasi
1)      Guru menjelaskan pengertian peta dengan diselingi tanya jawab, guru menjelaskan
       pentingnya peta dan komponennya.
2)      Guru membacakan peta lingkungan Kabupaten Jember.
3)      Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
4)      Memfasilitasi peserta didik dalam membaca peta lingkungan (kabupaten/kota provinsi)
        dengan menggunakan skala sederhana dengan cara melakukan tindakan disiplin
       (discipline), tekun (diligence), jujur (fairnes)  dan  teliti (carefulness).
b)      Elaborasi
1)      Siswa ditunjuk untuk menunjukkan tempat-tempat penting dalam peta.
2)     Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
       memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
3)      Siswa ditugasi menghitung skala peta sederhana.
4)     Selama siswa berdiskusi, guru mengadakan penilaian dalam proses dengan
       menggunakan lembar pengamatan.
5)      Guru memberikan penghargaan pada siswa yang aktif dalam pembelajaran. Misalnya
        diberikan pensil, permen, dsb.
c)      Konfirmasi (5 menit)
    1)      Bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
    2)      Guru memberikan penguatan, meluruskan kesalah pemahaman dan penyimpulan.
3.       Kegiatan Penutup
     1.      Siswa ditugasi menggambar peta Kabupaten Trenggalek dengan menggunakan skala
            sederhana.
     2.      Guru mengucapkan salam dan berdoa mengakhiri pembelajaran

H.    Alat/ Bahan dan Sumber Belajar
1.      Media/ alat
Gambar Peta Kabupaten Trenggalek dan Keterangannya
Proyektor
2.      Sumber Pembelajaran
Indrastuti dan Penny Rahmawaty. 2009. Buku Elektronik Sekolah Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah kelas 4. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Hal 1-10.

Suranti dan Eko Setiawan S. 2008. Buku Sekolah Elektronik Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk SD/ MI Kelas IV. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Hal 3-19
Radjiman dan A. Triyono. 2009. Buku Sekolah Ektronik Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Sekolah Dasar Kelas IV. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Hal 1-12

Sutoyo dan Agung. 2009. Buku Sekolah Ektronik IPS 4 Untuk SD/ MI Kelas 4. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Hal 3-19

I.     Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen atau Soal
Mendefinisikan Peta
Tes tulis
Uraian
Apakah peta itu?
Membaca lambang atau simbol dalam peta Kabupaten Trenggalek dan Provinsi Jawa Timur di lingkungan tempat tinggalnya dengan menggunakan skala sederhana.


Apa yang dimaksud legenda pada sebuah peta?
Apa manfaat dari skala?
Menunjukkan tempat-tempat penting kabupaten/ kota daerah tempat tinggalnya pada peta seperti tempat besejarah, pelabuhan laut atau udara, dan lain-lain


Tulislah apa saja tempat-tempat penting yang ada di daerah tempat tinggalmu!
Menghitung skala sederhana pada peta.


Berapakah jarak sebenarnya di muka bumi, jika pada peta yang berskala 1 : 300.000 antara 2
kota berjarak 5 cm? Tulislah langkah-langkah menggambar peta!

Format Kriteria Penilaian
a.       Produk (Hasil Diskusi)
No
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

b.      Performansi
No
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Pengetahuan
*Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
4
2
1
2.
Sikap
*Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

                Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10







CATATAN :
 Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.








      Trenggalek, 05 Juni 2015
                                                                                Mengetahui,                                                                                
        Kepala Sekolah                                                                                                         Guru Mapel IPS


       Heru Rahardi                                                                                                             
     NIM : 826097853                                                                                                          NIP :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar