Sabtu, 11 Juni 2016



POWER POINT PROPORSAL

HUBUNGAN  ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS X JURUSAN PERTANIAN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013

Latar belakang masalah
          Motivasi  belajar  yang  berasal  dari  dalam,   dipengaruhi  alasan  mereka  melakukan  suatu kegiatan.  Contoh ;  jika  murid  tidak  bisa  menyelesaikan  tugas  karena  bosan,  maka  dia motivasi  belajar dari  dalam kurang( semangatnya kurang ) sehingga  perlu  dibangkitkan  semangatnya  dari  luar.  Akan  tetapi  jika  murid menghadapi  tantangan dalam  penelitian  atau penulisan  makalah, tetapi  dia terus berusaha dan terus  berjuang  mengatasi  rintangan,  maka  dia memiliki motivasi tinggi.

Identifikasi masalah
         identifikasi   masalah dalam  penelitian  ini  dapat  disampaikan  sebagai  berikut :  adanya  kesenjangan antara  motivasi  belajar  dengan  prestasi  Belajar  dengan  Prestasi  Belajar  Mata  Pelajaran  Pendidikan  Kewarganegaraan  Siswa  Kelas  X  Jurusan  Pertanian  SMK  Negeri  I  Trenggalek  Semester  Genap  Tahun  Pelajaran  2012 / 2013.  Walaupun  ada  kemungkinan  terjadi  hubungan  antara  motivasi  belajar  dengan  prestasi  belajar  Mata  Pelajaran  Pendidikan  Kewarganegaraan  Siswa  Kelas  X  Jurusan  Pertanian  SMK  Negeri  I  Trenggalek  Semester  Genap  Tahun  Pelajaran  2012 / 2013. 
 
    Batasan  Masalah                                
          Masalah  ada  tidaknya  Hubungan  antara  Motivasi  Belajar  dengan  Prestasi  Belajar  Mata  Pelajaran  Pendidikan  Kewarganegaraan  Siswa  Kelas  X  Jurusan  Pertanian  SMK  Negeri  I  Trenggalek  Semester  Genap  Tahun  Pelajaran  2012 / 2013. dengan ini peneliti merasa merumuskan masalah dan menelaah masalah dilihat dari perspektif belajar dan faktor –faktor apa saja yang memperkuat dan memperlemah motivasi belajar siswa.  

Rumusan masalah
          Berdasarkan  batasan  diatas,  maka  dapat  ditetapkan  rumusan masalahnya  sebagai  berikut  :  Adakah   hubungan  antara  motivasi  belajar  dengan  prestasi  belajar  Mata  Pelajaran  Pendidikan  Kewarganegaraan  Siswa  Kelas  X  Jurusan  Pertanian  SMK  Negeri  I  Trenggalek Semester  Genap  Tahun  Pelajaran  2012 / 2013  memiliki 2 komponen penting yakni ;  motivasi belajar siswa dan prestasi belajar pkn. 

 
Tujuan  Penelitian
          Untuk  mengetahui  ada  tidaknya  hubungan  antara  motivasi  belajar  dengan  prestasi  belajar  Mata  Pelajaran  Pendidikan  Kewarganegaraan  Siswa  Kelas  X  Jurusan  Pertanian  SMK  Negeri  I  Trenggalek  Semester  Genap  Tahun  Pelajaran  2012 / 2013 yang dibagi  menjadi 2 komponen dasar yaitu tingkat motivasi belajar siswa dan tingkat prestasi belajar pkn siswa

    Pengertian motivasi belajar
          Sardiman  mengungkapkan  definisi  motivasi  belajar  adalah  keseluruhan  daya  penggerak  dalam  diri  siswa  yang  menimbulkan  kegiatan  belajar  yang  menjamin  kelangsungan  dari  kegiatan  belajar  dan  memberikan  arah  pada  kegiatan  belajar.  Sehingga  tujuan  yang  dikehendaki  oleh  subyek  belajar  dapat  tercapai.  Sardiman  ( 2009 : 75 ),  Meskipun  demikian  motivasi  bukanlah  subtansi  yang  dapat  diamati  secara  langsung.  Akan  tetapi  motivasi  belajar  siswa  dapat  diukur  dan  dilihat  dari  besarnya  motivasi  masing-masing  individu.  Pengukuran  motivasi  belajar  siswa  dapat  dilakukan  dengan  melihat  beberapa  indikator-indikator  dalam  bentuk  perilaku  individu  yang  bersangkutan,


Indikator umum motivasi belajar
(Makmun 2010 : 210)
         Durasi  kegiatan  ( berapa  lama  penggunaan  waktunya  untuk  melakukan  kegiatan ).
         Frekuensi  kegiatan  ( berapa  sering  kegiatan  dalam  periode  waktu  tertentu ).
         Persistensinya  ( ketetapan  dan  kelekatannya )  pada  tujuan  kegiatan.
         Devosi  ( pengabdian )  dan  pengorbanan  ( uang,  tenaga,  fikiran,  bahkan jiwa  dan  nyawanya ).
         Ketabahan,  keuletan,  dan  kemampuannya  dalam  menghadapi   rintangan  dan  kesulitan  untuk  mencapai  tujuan.
         Tingkat  aspirasinya  ( maksud,  rencana,  cita-cita,  sasaran,  atau  target, dan  ideologinya )  yang  hendak  dicapai  dengan  kegiatan  yang  dilakukan.
         Tingkat  kualifikasinya  prestasi  atau  produk  atau  output  yang  dicapai dari  kegiatannya  ( berapa  banyak,  memadai  atau  tidak,  memuaskan  atau  tidak ).
         Arah  sikapnya  terhadap  sasaran  kegiatan (  Positif   atau  negatif ).

Pengertian prestasi belajar
Prestasi  belajar  dan  proses  belajar  adalah  satu  kesatuan  yang  tidak  dapat dipisahkan.  Karena  prestasi  belajar  pada  hakikatnya  adalah  hasil  akhir  dari sebuah  proses  belajar.  Untuk  mengetahui  prestasi  belajar  seorang  peserta  didik  biasanya  dilakukan  evaluasi  terhadap  materi  belajar  yang  telah diberikan.  Seberapa  besar  peserta  didik  mampu  memberikan  feed  back  dari  setiap  evaluasi  yang  diberikan,  demikianlah  gambaran  prestasi  belajar  yang  ia  miliki

          Karakteristik remaja sekolah (SMA)
          Perkembangan  Peserta  Didik  Periode  Sekolah  Menengah Atas  ( SMA ), faktor  yang  diperhitungkan  atau  dipertimbangkan  adalah  yaitu  meningginya  emosi  yang  intensitasnya  bergantung  pada  tingkat perubahan  fisik  dan  psikis,  perubahan  tubuh,  kebutuhan  terhadap,  perubahan  minat,  kapasitas,  nilai-nilai,  kesempatan  dan  peran  yang  diharapkan  oleh kelompok  sosial  tertentu  untuk  dimainkannya  yang  kemudian  menimbulkan masalah.  Pilihan  tentatif  ini  hendaklah  dibuat  atau  diuji  coba  dalam  fantasi,  diskusi - diskusi, kursus -kursus,  latihan kerja  dan  sebagainya.


Pendidikan kewarganegaraan 
            Pendidikan  kewarganegaraan  adalah  program  pendidikan  berdasarkan  nilai - nilai  pancasila  sebagai  wahana  untuk  mengembangkan  dan  melestarikan  nilai luhur  dan  moral  yang  berakar  pada  budaya  bangsa  yang  diharapkan  menjadi jati  diri  yang  diwujudkan  dalam  bentuk  perilaku  dalam  kehidupan  sehari – hari  para  pelajar.   Baik  sebagai   individu,  calon  penerus  generasi  tua,  anggota  masyarakat  dan  ciptaan  Tuhan  Yang  Maha  Esa. 

            Hakikat  Pendidikan  Kewarganegaran  adalah  merupakan  mata  pelajaran  yang
memfokuskan  pada pembentukan  diri  yang  beragam  dari  segi  agama,  sosial
kultural,  bahasa,  usia,  dan  suku  bangsa  untuk  menjadi  warga  negara  yang cerdas,terampil,  dan  berkarakter  yang  dilandasi  oleh  Pancasila  dan  UUD1945.  


         Hasil  Penelitian relevan yang  pertama  dari

1.Nama                                     :  Sujito
2.Jenis  karya  Ilmiah           :  kuantitatif, 
3.Judul                                  :  Hubungan  Motivasi Orang  Tua   
                                                dengan   Prestasi  belajar mata
                                                   pelajaran  pendidikan  siswa  di 
                                                SDN  4  Masaran  Kec. 
                                                Munjungan  semester  genap.
                                                Tahun  Pelajaran  2011 / 2012 
4.  variabel  bebasnya           : motivasi  orang  tua. 
5. variabel  terikat                 : Prestasi  Belajar  Pendidikan 
                                                Kewarganegaraan.
6.  Analisis  data                    : korelasi  product  moment 
                                                dengan  rumus    angka  halus.
7. Temuan penelitian            : Diperoleh  r  hitung  sebesar  0,884 
                                               lebih  besar  daripada  r tabel 
                                               0,279  pada  taraf  signifikasi  5 
                                               persen  dengan  interval 
                                                kepercayaan  99 persen  atau 
                                                signikansi  1  persen  r  product 
                                                 moment  0,361.  Yang  berarti 
                                                  menunjukkkan  adanya 
                                                 hubungan  antara  motivasi 
                                                    belajar  dengan  prestasi  belajar 
                                                 siswa  di  SD  Negeri  4  Masaran.

                                                    
Hasil  Penelitian  Kedua 

Nama                      :  Agasta  Eka  prasetya
Jenis  data              :  Kuantitatif 
Judul                      :  Hubungan  Motivasi belajar  siswa  dengan 
                                prestasi belajar  pendidikan  pada  SD  Negeri  2 
                                Masaran  Kecamatan  Munjungan  Kabupaten 
                                Trenggalek.  Semester Genap.
variabel  bebasnya  :  Motivasi  belajar  siswa. 
 Variabel terikat       :  Prestasi belajar Pendidikan            
                                    Kewarganegaraan
Analisis  data            :  korelasi  product  moment. Dengan rumus 
                                     angka halus.
Temuan  peneltian    : Perolehan  r  hitung  sebesar  0,233 
                                    sedangkan  r  tabel product  moment  dengan 
                                     taraf  signifikansi  5  persen menunjukkan   
                                     nilai 0,202,  nilai  tersebut  dapat  dilihat  
                                     pada  tabel  dengan  jumlah  sampel  N  =      
94,  berdasarkan hasil perhitungan  tersebut,  maka  tampak  jelas  bahwa  r hitung  lebih  besar  daripada  r  yang  terdapat  pada tabel , yaitu  0,233 >  0,202  untuk  taraf  signifikansi  5  persen. Dengan  demikian  dapat  dinyatakan  bahwa  ada hubungan  yang  signifikan  antara  motivasi  belajar  siswa dengan  prestasi  belajar  pada  mata  pelajaran  pendidikan  kewaragnegaraan   siswa  SD  Negeri  2  Masaran  kecamatan  Munjungan  Kabupaten  Trenggalek  Semester genap,  tahun  pelajaran  2011 / 2012.




KERANGKA BERPIKIR
    
Dari  penjelasan  di  atas  dapat  disimpulkan  bahwa  prestasi  belajar  siswa  di  sekolah sifatnya  relative,  artinya  dapat  berubah  setiap  saat.  Hal  ini  terjadi  karena  prestasi  belajar  siswa  sangat  berhubungan  dengan  faktor  yang mempengaruhinya,  faktor - faktor  tersebut  saling  berkaitan  antara  yang  satu dengan  yang   lainnya. 
Kelemahan  salah  satu  faktor,  akan  dapat mempengaruhi  keberhasilan  seseorang  dalam  belajar.  Dengan  demikian, tinggi  rendahnya  prestasi  belajar  yang  dicapai  siswa  di  sekolah  didukung oleh  faktor   internal   dan   eksternal  seperti  tersebut di  atas,  yang  dapat  digambarkan  dalam  sebuah  skema  sederhana  di   bawah   ini  :
                                                                                                                                                
  Asumsi
         
             Asumsi atau  anggapan dasar dalam suatu penelitian merupakan pegangan sebagai titik tolak dari proses yang dilakukan dalam penelitian. Penulis mengadakan penelitian ini  dengan asumsi bahwa :
          Motivasi  belajar  dapat  mengoptimalkan  prestasi  belajar  siswa  pada mata  pelajaran  Pendidikan  kewarganegaraan
          Sekolah  telah  belajar  secara  benar  sehingga nilai – nilai  hasil  belajar  siswa  pada  mata  pelajaran  pendidikan  kewarganegaraan  yang   tercantum  dalam  leger  nilai  semester  genap 2012 / 2013  merupakan  pencerminan  prestasi  belajar  sesungguhnya.
          Setiap  siswa  memiliki  motivasinya  sendiri – sendiri  ada  yang  tinggi dan  ada  yang   rendah.

Hipotesis penelitian
   Hipotesis  alternatif  ( Ha )  atau  hipotesis  diterima  yang  menyatakan adanya  hubungan  variabel X  dan  Y,  Adapun  rumusnya  adalah terdapat  hubungan  yang  signifikan  antara  Motivasi  Belajar  dengan  Prestasi  Belajar  Mata  Pelajaran  Pendidikan  Kewarganegaraan  Siswa  Kelas  X  Jurusan  Pertanian  SMK  Negeri  I  Trenggalek  Semester  Genap  Tahun  Pelajaran  2012/2013.
   Hipotesis  Nol  ( Ho )  atau  hipotesis  ditolak  yang  menyatakan  tidak adanya  hubungan  variabel  X  dan  Y ,  adapun  rumusnya  adalah  Tidak terdapat  hubungan  yang  signifikan  antara  Motivasi  Belajar  dengan  Prestasi  Belajar  Mata  Pelajaran  Pendidikan  Kewarganegaraan  Siswa  Kelas  X  Jurusan  Pertanian  SMK  Negeri  I  Trenggalek  Semester  Genap  Tahun  Pelajaran  2012 / 2013.

Metode Penelitian
         Rancangan penelitian dalam suatu penelitian ilmiah digunakan sebagai pedoman bagi peneliti untuk melakukan penelitian. Penelitian ini bersifat  penelitian korelasional, yaitu  penelitian  yang  dilakukan  untuk  mengetahui  tingkat  hubungan  antara  2  variabel  atau  lebih,  tanpa  melakukan  perubahan  atau  tambahan  atau  manipulasi  terhadap  data  yang  memang  sudah  ada.
         Secara  khusus  sifat  penelitian  ini  menggunakan  korelasional  sejajar  yang  bertujuan  untuk  mengetahui  apakah  ada  hubungan  ( korelasi )  antara  motivasi  belajar  siswa  dengan  prestasi  belajar  pendidikan  kewarganegaraan.  Dalam  penelitiannya  peneliti  hanya  ingin  tahu.  Apakah  tingkat  motivasi  belajar  siswa  berhubungan  dengan  prestasi  belajar  pendidikan  kewarganegaraan.  Sehingga  dari  kedua  variabel  tersebut  peneliti  hanya  menggunakan  rumus – rumus  tertentu,  kemudian  dari  hasil  perhitungan  dapat  ditemukan  ada  tidaknya  hubungan  dan  apabila  ada,  seberapa  eratnya  hubungan  itu

Jenis  penelitian
jenis  penelitian  ini  adalah  kuantitatif,  yaitu  penelitian  yang  digunakan  untuk  meneliti  populasi  atau  sampel  tertentu,  pengumpulan  data,  instrument  penelitian,  dan  analisis  datanya,  menggunakan  kuantitatif  (  statistik ).  Menurut  Suharsimi  Arikunto  penelitian  kuantitatif  merupakan  penelitian  yang  banyak  menggunakan  angka,  mulai  dari  pengumpulan  data,  penafsiran  data,  penampilan  dan  hasilnya.            
Prosedur penelitian
          Langkah  awal  yang  dilakukan  peneliti  adalah :
       Dalam  tahap  ini  kegiatan  yang  dilakukan  oleh  peneliti  adalah  mengurus  surat  izin penelitian  di  lapangan  dengan  meminta  surat  izin  penelitian  dari  STKIP  PGRI  Trenggalek  lalu  diberikan  kepada  kepala  Sekolah SMK  NEGERI I  Trenggalek,  dan mulai  mengadakan  survey  mengenai  keadaan  dan  kondisi  sekolah  dan  mengadakan koordinasi  pada  guru  Pendidikan  Kewarganegraan.

Tahap  pelaksanaan
    Tahap  lapangan  :
        Dalam  tahap ini  peneliti  menentukan  penelitian  dengan  menyebat  angket  pada  sampel  atau  responden  dan  melakukan  kegiatan  pendokumentasian,  kegiatan  tersebut  ditetapkan  dengan cara :
          Pengumpulan  data
          Pengolahan  data
          Mengambil  deskripsi  kesimpulan
          Penulisan  hasil  rancangan  penelitian

Tahap  pelaporan
          Menyusun  laporan  dengan  melakukan  konsultasi  pada  dosen  pembimbing  dengan  sistematika  penulisan  sebagai  berikut  :
          BAB     I      PENDAHULUAN
          BAB   II      KAJIAN PUSTAKA
          BAB   III     METODE PENELITIAN
          BAB   IV     HASIL PENELITIAN
          BAB   V       PENUTUP

POPULASI
Populasi  dalam  penelitian  adalah  seluruh  siswa  kelas  X  Trenggalek  yang  tersebar  pada  3  ruang  kelas  dengan  rata – rata  jumlah  siswa  per  kelas  =  34  siswa,  sehingga  populasinya  berjumlah  102  siswa,  populasi  diambil    semua  dari  102  siswa,  karena  populasinya  cukup  homogen. 
Dalam  penelitian  ini  yang  diteliti  adalah  siswa  kelas  X  jurusan  pertanian  dengan  alasan  untuk  mengetahui  tingkat  motivasi  belajar  ketika  masih  duduk  di  kelas  I,  sehingga  mereka  harus  menyesuaikan  diri  dengan  kebiasaan  seperti  tata  tertib  sekolah,  kondisi  atau  fasilitas  sekolah  dan  atmosfer  pembelajaran
                
SAMPEL
          peneliti  menggunakan  titik  tengahnya  diambil  sebesar  45%  dengan  tingkat  kepercayaan  5%.  Karena  populasinya  berjumlah  102  siswa,  yang  artinya  100  lebih  2  siswa,  sehingga  penelitian  ini  merupakan  penelitian  sampel. 
                   Cara  pengambilan  sampel  ditetapkan  dengan  Random  sampling, diberi nama demikian karena di dalam mengambil sampelnya peneliti mencampur subjek subjek di dalm populasi sehingga semua subjek dianggap sama. Dengan demikian maka peneliti terlepas dari perasaan ingin mengistimewakan satu atau beberapa subjek untuk dijadikan sampel.
 
Identifikasi  Variabel  penelitian

           Berikut  akan  dijelaskan  mengenai  variabel  penelitian,  yaitu  :
   Variabel  bebas  adalah ( Variabel X ) : Motivasi  Belajar  Mata  Pelajaran  Pendidikan  Kewarganegaraan  Siswa  Kelas  X  Jurusan  Pertanian  SMK  Negeri  I  Trenggalek  Semester  Genap  Tahun  Pelajaran  2012 / 2013.
   Variabel terikat adalah ( Variabel Y )  :  Prestasi  belajar  Mata  Pelajaran   Pendidikan  Kewarganegaraan  Siswa  Kelas  X  Jurusan  Pertanian  SMK  Negeri  I  Trenggalek  Semester  Genap  Tahun  Pelajaran  2012 / 2013.

Metode  Angket
            Angket  adalah  sejumlah  pertanyaan  tertulis  digunakan  untuk  memperoleh informasi  dari  responden  dalam  arti  mengungkapkan  data  tentang  motivasi  belajar,  laporan  tentang  pribadinya,  hal – hal  yang  ia  ketahui  atau  informasi,  baik  berupa  anggapan,  pendapat,  atau  sikap dari  para  siswa  kelas  X  jurusan  pertanian  SMK Negeri  I  Trenggalek,  yaitu  Peneliti memberikan  pertanyaan  dan  pernyataan  secara  tertulis  kepada  responden untuk  dijawab  dengan  menggunakan,                                        Penyusunan  angket  motivasi  belajar siswa  yang  mengacu  kepada  motivasi  belajar  yang  terdiri  dari  20  item. Adapun  jenis  angket  yang  digunkan  adalah  tipe  pilihan  ganda,  yang  pertanyaannya  disesuaikan  dengan  permasalahn  yang  diteliti  dan  siswa  tinggal  memilih  salah  satu  alternatif  jawaban  yang  telah  tersedia  dan  dianggapnya  paling  sesuai  dengan  keadaan  sebenarnya.



Metode  dokumentasi 

Metode  ini  penulis  gunakan  untuk  mendapatkan data komplementer  tentang  prestasi  belajar  siswa  pada  mata pelajaran pendidikan  kewarganegraan siswa kelas  X  jurusan  pertanian  SMK Negeri  I  Trenggalek,  serta  hal  lain  yang  berkaitan  dengan  penyempurnaan  penelitian  ini,  yaitu  dengan  meneliti  bahan  dokumentasi  yang  ada  dan  mempunyai  relevansi  dengan  tujuan  penelitian, 
metode  ini  digunakan  untuk  mengumpulkan  data  yang  berkaitan  informasi  tentang  sekolah  mengenai  jumlah,  dan  keadaan  guru,  laporan - laporan  program  kegiatan  siswa,  struktur organisasi sekolah,  struktur  kerja,  karyawan serta  dokumen – dokumen  lain  yang  diperlukan.  melalui  dokumentasi  diharapkan  dapat  dipertanggung jawabkan  dan  dipertahankan  keabsahan  datanya

  

Metode Analisis Data

          Untuk menentukan nilai dari motivasi belajar  siswa yang disimbolkan  dengan (X), diperoleh dengan cara menjumlahkan seluruh nilai prestasi belajar PKn, kemudian dibagi dengan banyaknya responden/ individu:

     Keterangan:
MX     : rata-rata nilai prestasi belajar
X      : jumlah prestasi belajar PKn siswa
N         : jumlah responden

      Untuk menentukan nilai dari prestasi belajar mata pelajaran PKn disimbolkan dengan (Y), diperoleh dengan cara menjumlahkan seluruh nilai prestasi belajar PKn, kemudian dibagi dengan banyaknya responden/ individu :

Rumus korelasi product moment
    
            Untuk menghitung biasanya korelasi antara motivasi belajar dengan prestasi belajar PKn siswa kelas X Jurusan Pertanian SMKN 1 Trenggalek peneliti menggunakan statistik korelasi Product Moment, rumus yang digunakan untuk menentukan koefisien korelasi ini :
     
Metode Penyimpulan Data

Metode penyimpulan data dalam penelitian merupakan suatu cara yang dipergunakan untuk menyimpulkan data yang diperoleh dari tempat penelitian. Sesuai dengan sifat, dan metode analisis data, peneliti menyimpulkan metode datanya dengan menggunakan statistik dengan rumus Product Moment. Kemudian mengkonsultasikan antara r hitung dengan r tabel pada taraf signifikansi 5%.

         Jika r hitung  >  r tabel pada taraf signifikansi 5%, maka hipotesis alternatif (HA) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak.
          Jika nilai r hitung < r tabel pada taraf signifikansi  5%  , maka hipotesis alternatif (Ha) ditolak dan hipotesis Nihil (Ho) diterima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar