KB.2
Kegiatan inti Pembelajaran Terpadu
Kegiatan inti Pembelajaran Terpadu
Sesuai dengan namanya, kegiatan inti merupakan
kegiatan utama dalam pembelajaran terpadu, kegiatan inti menekankan pada proses
pembentukan pengalaman belajar siswa berkaitan dengan kemampuan yang
diharapakan dikuasai oleh siswa secara terpadu dan direncanakan guru sesuai
kurikulum yang berlaku di sekolah dasar.
A.
Makna Kegiatan Inti
Pembelajaran
Pada prinsipnya kegiatan inti dalam pembelajaran
adalah suatu proses pembentukan pengalaman dan kemampuan belajar siswa secara
terpogram yang dilaksanakan dalam durasi waktu tertentu. Guru perlu
mengupayakan bagaimana caranya supaya siswa dapat mengoptimalkan kegiatan
belajarnya.
B. Bentuk
Kegiatan Inti
Pembelajaran
Paling
tidak terdapat dua hal dalam kegiatan inti pembelajaran, yaitu sebagai
berikut.
=Pertama, penyajian
bahan pembelajaran harus dilakukan secara terpadu melalui penghubungan konsep
dari mata pelajaran satu dengan konsep dari mata pelajaran lainnya.
= Kedua,
guru menyajikan bahan pembelajaran terpadu dengan menggunakan strategi
dan media pembelajaran yang bervariasi, yang mampu mendorong siswa untuk
aktif terlibat dalam upaya
penemuan pengetahuan baru baik secara individual maupun kelompok.
Berkenaan dengan kegiatan inti pembelajaran ada
beberapa faktor yang harus dipertimbangkan guru. Faktor – faktor tersebut
adalah tujuan, materi, siswa, guru serta fasilitas, ruang dan waktu
(Wardani,2002).
1. Tujuan
pedoman / arah
guru dalam kegiatan pembelajaran yang berkenaan dengan Kemampuan yang harus
dicapai siswa setelah diberikan pengetahuan, ketrampilan , sikap.
2. Materi
Dalam
kegiatan pembelajaran guru hendaknya memberikan memperhatikan jenis dan tingkat
kesulitan materi pelajaran. Apabila materi yang akan dibahas bersifat abstrak
maka dalam kegiatan pembelajaran guru hendaknya memberikan contoh-contoh, jika
materi yang dibahas merupakan materi baru maka guru hendaknya memberikan
penjelasan singkat atau melakukan demonstrasi.
3. Siswa
Dalam menentukan kegiatan pembelajaran,
guru juga perlu memperhatikan faktor siswa, yang mencakup karakteristik siswa
dan jumlah siswa di dalam kelas itu.
4. Guru
Disamping
tujuan, jenis dan tingkat kesulitan materi, faktor guru juga harus
diperhatikan, faktor guru tersebut ialah, kompetensi pedagogik, kompetensi
kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional.
5. Fasilitas, ruang dan
waktu
1. Faktor Fasilitas seperti tersedianya alat dan bahan untuk melakukan
praktek, tersedianya buku, media, penunjang lain untuk membantu proses
pembelajaran.
2. Faktor ruang seperti tersedianya kelas tempat
siswa belajar contohnya : lampu penerangan, ruang tersendiri untuk melakukan
percobaan IPA, ruang seni, ruang bahasa atau ruang khusus yang berkaitan dengan
proses pembelajaran.
3. Alokasi waktu
meliputi durasi waktu, lamanya belajar yang dibutuhkan, berapa pertemuan
dst.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar