Sabtu, 28 Mei 2016



KB.2
Kegiatan inti Pembelajaran Terpadu

Sesuai dengan namanya, kegiatan inti merupakan kegiatan utama dalam pembelajaran terpadu, kegiatan inti menekankan pada proses pembentukan pengalaman belajar siswa berkaitan dengan kemampuan yang diharapakan dikuasai oleh siswa secara terpadu dan direncanakan guru sesuai kurikulum yang berlaku di sekolah dasar.      









A.       Makna Kegiatan Inti
Pembelajaran
       
Pada prinsipnya kegiatan inti dalam pembelajaran adalah suatu proses pembentukan pengalaman dan kemampuan belajar siswa secara terpogram yang dilaksanakan dalam durasi waktu tertentu. Guru perlu mengupayakan bagaimana caranya supaya siswa dapat mengoptimalkan kegiatan belajarnya.

B. Bentuk Kegiatan Inti    
     Pembelajaran

Paling tidak terdapat dua hal dalam kegiatan inti pembelajaran, yaitu sebagai
berikut.
    
     =Pertama, penyajian bahan pembelajaran harus dilakukan secara terpadu melalui penghubungan konsep dari mata pelajaran satu dengan konsep dari mata pelajaran lainnya.

    = Kedua,  guru menyajikan bahan pembelajaran terpadu dengan menggunakan strategi dan media pembelajaran yang bervariasi, yang mampu mendorong siswa untuk
       aktif terlibat dalam upaya penemuan pengetahuan baru baik secara individual maupun kelompok.

        Berkenaan dengan kegiatan inti pembelajaran ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan guru. Faktor – faktor tersebut adalah tujuan, materi, siswa, guru serta fasilitas, ruang dan waktu (Wardani,2002).
   
   1. Tujuan
       pedoman / arah guru dalam kegiatan pembelajaran yang berkenaan dengan Kemampuan yang harus dicapai siswa setelah diberikan pengetahuan, ketrampilan , sikap.

     2. Materi
       Dalam kegiatan pembelajaran guru hendaknya memberikan memperhatikan jenis dan tingkat kesulitan materi pelajaran. Apabila materi yang akan dibahas bersifat abstrak maka dalam kegiatan pembelajaran guru hendaknya memberikan contoh-contoh, jika materi yang dibahas merupakan materi baru maka guru hendaknya memberikan penjelasan singkat atau melakukan demonstrasi.

3. Siswa
          Dalam menentukan kegiatan pembelajaran, guru juga perlu memperhatikan faktor siswa, yang mencakup karakteristik siswa dan jumlah siswa di dalam kelas itu.

4. Guru
       Disamping tujuan, jenis dan tingkat kesulitan materi, faktor guru juga harus diperhatikan, faktor guru tersebut ialah, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional.

5. Fasilitas, ruang dan waktu
1. Faktor Fasilitas seperti  tersedianya alat dan bahan untuk melakukan praktek, tersedianya buku, media, penunjang lain untuk membantu proses pembelajaran.
2. Faktor ruang seperti tersedianya kelas tempat siswa belajar contohnya : lampu penerangan, ruang tersendiri untuk melakukan percobaan IPA, ruang seni, ruang bahasa atau ruang khusus yang berkaitan dengan proses pembelajaran.

3. Alokasi waktu
    meliputi durasi waktu, lamanya  belajar yang dibutuhkan, berapa pertemuan dst.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar