KEGIATAN
BELAJAR I
kegiatan pendahuluan dalam pembelajaran terpadu
kegiatan pendahuluan dalam pembelajaran terpadu
A.
Makna Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan pendahuluan pada dasarnya merupakan kegiatan yang
harus ditempuh guru dan siswa pada setiap kali pelaksanaan sebuah pembelajaran,
fungsi kegiatan pendahuluan terutama adalah untuk menciptakan suasana awal
pembelajaran yang efektif yang memungkinkan siswa mengikuti proses pembelajaran
dengan baik.
B. Bentuk kegiatan Pendahuluan
Kegiatan yang menyiapkan siswa yang langsung berkaitan
dengan materi yang akan dibahas disebut kegiatan awal pembelajaran
Kegiatan pra / awal pembelajaran diantaranya, yaitu
menciptakan kondisi-kondisi awal pembelajaran yang kondusif, memberikan acuan,
melaksanakan kegiatan apersepsi dan penilaian awal.
Mengecek atau memeriksa kehadiran siswa
Menumbuhkan kesiapan belajar siswa
Menciptakan susasana belajar yang demokratis
Membangkitkan motivasi belajar siswa
Membangkitkan perhatian siswa
2 . Memberi acuan
Kegiatan guru dalam memberi acuan
diantaranya :
- memberitahukan tujuan kemampuan yang
diharapkan atau garis besar materi yang akan
dipelajari
- Menyampaikan alternatif kegiatan belajar yang
akan ditempuh siswa
3. Membuat Kaitan (melaksanakan apersepsi)
Kegiatan membuat siswa tertarik dengan cara menghubungkan
pengalaman /ketrampilan yang sudah dimiliki siswa dengan apa yang akan
dipelajari sekarang. Berikut beberapa cara yang dpat dilakukan guru dalam
membuat kaitan /apersepsi
a.
Mengajukan
pertanyaan tentang
Bahan pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya
b. Menunjukkan manfaat materi yang
dipelajari
c.
Meminta siswa mengemukakan
Pengalaman yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas
4. Melaksanakan Tes Awal
Dilakukan untuk
mengukur dan mengetahui sejauh mana materi atau bahan pelajaran yang akan
dipelajari sudah dikuasai oleh siswa. Informasi ini akan digunakan oleh guru
untuk menentukan darimana pembahasan materi baru akan dimulai.
Next
to KB. 2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar